CS-II Paint Protection Swirl Mark on Car Body

Hati-Hati Menggunakan Kompon pada Cat Mobil


Kompon (compound) adalah bahan yang bersifat mengikis cat mobil yang berfungsi untuk menyamarkan baret-baret halus hingga sedang, sehingga baret dan lecetnya akan tertutupi oleh cat yang ada disekitarnya dengan bantuan kompon. Selain bermanfaat untuk menghilangkan baret, kompon juga punya efek negatif jika pemakaiannya tidak benar.

Ini pengalaman saya sendiri ketika body mobil dipenuhi oleh percikan aspal jalanan yang dalam kondisi perbaikan. Di mana cat tersebut banyak menempel di bagian samping body mobil tersebut. Waktu itu saya ingin menghilangkan lecet pada bagian samping akibat goresan sepeda anak-anak.Kemudian saya pun ingin menghilangkan aspal di body mobil tersebut, ada yang menyarankan saya agar selalu menggunakan kompon untuk membersihkan aspal (waktu itu di hati mulai terasa was-was, karena sudah mengetahui sifat kikis dari kompon tersebut). Setelah beberapa waktu akhirnya saya mencoba untuk membeli kompon putih dan saya pun mencoba membersihkan aspal tersebut.

CS-II Paint Protection Gray Mazda Glossy

Setelah pekerjaan selesai sebagian, saya pun membersihkan bekas kompon yang masih menempel di badan mobil, namun apa yang saya lihat, ternyata warna cat mobil menjadi buram/blur warnanya akibat goresan sewaktu membersihkan aspal tadi. Karena sifat dari kompon adalah mengikis cat, karena agar aspal bersih saya tadi terlalu menekan dan menggosok hingga bersih. Akhirnya cat jadi buram dan bulat-bulat akibat goresan kompon tadi.

Semoga pengalaman ini dapat menjadi pelajaran bagi yang lainnya dalam pemakaian kompon. Kompon ada 2 (dua) macam: kompon putih (white compound) dan kompon merah (red compound), kompon merah daya kikisnya lebih besar dan digunakan untuk goresan atau baret yang lebih besar dan dalam, jadi lebih hati-hati lagi.